-->

Cara Upgrade Komponen PC/Komputer Yang Benar dan Jitu

- Juni 06, 2017
Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar
Teknologi informasi sekarang makin canggih dan berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer yang anda miliki harus sudah support atau sudah memadai untuk dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah semakin canggih.

Jika komputer anda masih menggunakan hardware model lama atau dengan spech terbelakang, ada cara untuk memperbarui komputer tersebut yang kita kenal dengan Upgrade.
Untuk upgrade hardwaare merupakan suatu cara untuk meningkatkan kinerja komputer, seperti meningkatkan kecepatan procesor, meningkatkan kapasitas memori (RAM), meningkatkan fitur gambar.
Adapun beberapa komponen komputer yang dapat di upgrade menjadi yang terbarukan:
1. Procesor
2. Motherboard
3. Memori
4. VGA Card
5. Sound Card
6. Hard disk
7. Power Supply

Jika ingin memakai hardware yang lebih baru, baiknya pilih yang bergaransi pabrik. sesuaikan dengan jenis slot yang tersedia pada motherbors komputer untuk VGA Card.

Jangan salah membeli hardware yang tidak sesuai dengan slotnya, karena hardware tidak akan dapat bekerja/berfungsi.

Kalaupun anda akan membeli hardware yang bekas, baiknya dilakuan secar teliti dan cermat.

Hardware bekas juga bagus untuk digunakan pada komputer. Selain harganya yang murah, hardware bekas juga sudah cukup untuk memuaskan dalam berkomputer dengan yaman.
Dalam pemasangan Hardware baiknya dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab seluruh hardware komputer memiliki IC atau chip yang rentan akan kerusakan akibat listrik statis.

 Berikut Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Upgrade Procesor

Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Berikut ini contoh beberapa Procesor yang dapat di upgrade :
1. Procesor AMD Athlon - XP 2,6 GHz dapat di upgrade ke AMD Athlon XP 3GHz.
2. Proceesor intel Pentium IV 2,4 Ghz diupgrade ke Intel Pentium IV 3,2 Ghz

Upgrade Memori

Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Upgrade memori merupakan salah satu cara praktis untuk meningkatkan kinerja komputer secara dramatis, dengan cara menambah memori pada komputer slot yang tersisa.

Upgrade VGA Card

Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Upgrade VGA Card dilaukan agar mendapatkan tampilan visual yang maksimal. Anda harus memperhatikan kemampuan maksimal ynang dapat digunakan sesuai dengan kemampuan PC dan aplikasi yang sering digunakan.

Upgrade Sound Card

Hal ini dilakukan karena jika sound card pada onboard sudah tidak berfungsi dengan baik. Untuk melakukan ini tentunya anda harus memperhatikanmptherboard nya, apakah terdapat slot PCi-nya atau tidak.

Upgrade Hard Disk

Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Hal ini dilakukan karena tempat untuk menyimpan data pada hard disk sudah penuh. Kurangnya kapasitas memori harddisk pada PC juga berpengaruh pada kinerjanya PC itu Sendiri. Upgrade Hardisk dapat dilakukan dengan menaikan rpm atau mengganti tipe interfacenya. Hardisk IDE menjadi SCSI atau SATA. Jangan lupa perhatikan kapasitas maksimum hard disk yang didukung oleh bios motherboardnya.

Upgrade Power Supply

Cara Upgrade Komponen Komputer Yang Benar

Upgrade Power supply dilakukan karena usia power supply yang sudah tua/lama. Kinerja komputer akan menurun apabila kurangnya kapasitas power suply berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan terkadang komputer tidak mau nyala, kalaupun menyala pasti tidak akan stabil.

Itulah beberapa tips mengenai bagaimana cara meng-upgrade hardware komputer yang benar, semoga bermanfaat.
Baca Juga:
 

Start typing and press Enter to search