-->

News! Penjualan mobil bensin dan diesel Bakal Berakhir?

- Juli 28, 2017
News! Penjualan mobil bensin dan diesel Bakal Berakhir?

Teknologi - Kemajuan teknologi bahan bakar fosil pada mobil kemungkinan bisa dihapus dalam beberapa dekade yang beralih ke listrik membawa masalah tersendiri terhadap lingkungan dan ekonomi karena semakin banyaknya negara yang terang terangan akan melakukan rencana radikal.

Negara Inggris pada hari Rabu mengatakan "akan mengakhiri penjualan semua mobil bensin dan diesel konvensional" pada tahun 2040, menyusul usulan serupa dari Prancis awal bulan ini, untuk mengurangi polusi nitrogen dioksida (NO2).

Sedangkan China sudah mengeluarkan rencana ini pada tahun lalu yang mengharuskan 12% mobil menjual hibrida bertenaga atau plug-in pada tahun 2020, sementara India mengatakan ingin mengganti semua kendaraan dengan kendaraan listrik pada tahun 2030.

Norwegia berharap bisa mengakhiri penjualan mobil bensin dan diesel baru pada tahun 2025, dan negara-negara lain serta Denmark dan Finlandia telah menyatakan ambisi serupa untuk menghapuskan mesin bahan bakar fosil.

Alastair Lewis, profesor kimia atmosfer di University of York, mengatakan:" Mengingat tingkat perbaikan teknologi baterai dan kendaraan listrik selama sepuluh tahun terakhir, pada tahun 2040 mesin pembakaran kecil di mobil pribadi bisa saja hilang tanpa ada intervensi pemerintah".

"Meskipun demikian, ini sangat simbolis karena memberi sinyal kepada publik dan produsen bahwa tidak ada jalan mundur dari elektrifikasi," tambahnya.

Stefan Bratzel, direktur Pusat Manajemen Otomotif (CAM), mengatakan bahwa tahun lalu terbukti menjadi titik kritis, mengubah kemauan politik menjadi komitmen yang konkret.
Baca Juga:
Android bakal dapat dioperasikan pada PC Windows 10

Dia menyoroti skandal emisi, di mana produsen mobil diesel kebanyakan ditemukan telah melakukan kecurangan dalam uji lingkungan.

Target lingkungan lokal dan nasional dan kemajuan yang dibuat oleh China dalam mengembangkan mobil listrik juga memaksa mendorong perpindahan dari hidrokarbon.

Sebuah 'taruhan berani'

Namun Flavien Neuvy, ahli ekonomi mobil di Prancis yang mengamati Observatoire Cetelem, mengatakan akan menjadi "taruhan berani" untuk menunjukkan bahwa jalan akan dipenuhi hanya mobil listrik pada tahun 2040.

"Untuk mengatakan bahwa kita melarang mesin pembakaran pada tahun 2040 mengasumsikan bahwa kita tahu apa yang akan menjadi teknologi paling efisien di tahun 2040," katanya kepada AFP.
"Ini adalah taruhan yang berani karena mesin pembakaran, dari sudut pandang lingkungan, mungkin lebih menguntungkan, seperti yang bisa dilihat dengan mobil yang sekarang bisa melaju 100km dengan 2 liter bahan bakar".

Dia juga percaya bahwa mobil listrik akan jauh lebih efisien daripada hari ini, dan bahwa peningkatan dari kisaran rata-rata saat ini 250-300km sampai 400-500km akan "cukup" untuk membuat mereka layak.

"Tapi kenyataannya, ada banyak bahan bakar, seperti gas, hidrogen, dan pabrikan yang banyak berinvestasi di mobil self-drive," tambahnya.

Biaya juga menjadi masalah, dengan mobil listrik saat ini menjual ribuan dolar lebih banyak daripada rekan berbahan bakar fosil mereka.

Mode untuk mobil diesel di Inggris didorong oleh insentif pemerintah untuk mengurangi emisi karbon, namun hanya memperburuk tingkat NO2 di tingkat yang lebih lokal.

Perbaikan infrastruktur

menurut para ahli,Peralihan ke mobil listrik juga dapat menimbulkan efek samping yang negatif pada lingkungan.

Neuvy mempertanyakan bagaimana cara memproduksi baterai listrik, berapa banyak titik pengisian yang dibutuhkan dan bagaimana mobil akan didaur ulang.

Inggris saat ini memiliki sekitar 4.500 titik pengisian umum, yang melayani sekitar 110.000 mobil plug-in di jalanan dari total 36,7 juta kendaraan yang terdaftar di Inggris.

Sebuah studi bulan lalu oleh IVL, Swedish Environment Institute, menemukan bahwa produksi baterai besar dalam emisi hingga 17,5 ton karbon dioksida, setara dengan sekitar 700 jam mengemudi di mobil standar.

Blok batu sandungan lainnya bisa menjadi infrastruktur jalan raya yang luas, walaupun rencana Inggris berjanji untuk memasang titik muatan di area layanan jalan tol dan pengecer bahan bakar besar.

Kelompok lobi manufaktur mobil Inggris Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) juga memperingatkan bahwa ban langsung "berisiko merusak pasar mobil baru saat ini", menunjukkan bahwa sektor tersebut mempekerjakan 800.000 pekerja.

Tapi untuk saat ini, momentumnya nampak kuat, apalagi jika harga minyak naik lagi.
CAM memprediksi bahwa pendaftaran baru mobil listrik akan meningkat sebesar 2,5 dan 6% pada tahun 2020. "Serangan besar oleh produsen" kemudian akan meningkat 40% pada tahun 2030.

Artikel asli
Baca Juga:
 

Start typing and press Enter to search